Lomba Kreativitas Ilmiah Guru

Dua hari yang lalu, saya membaca pengumuman yang ditempel di papan pengumuman sekolah. Disana saya membaca salah satu pamflet yang berisi informasi Lomba Kreativitas Ilmiah Guru.

Sebenarnya tertarik juga sih untuk coba-coba belajar menulis. Apalagi kepsek selalu menyindir kalau sampai tahun 2009 tidak ada guru yang mengikuti lomba semacam itu, maka simpulan sesaatnya adalah guru tidak ada yang mempunyai kreativitas dalam mengajar.

Nah, bagi saya pribadi, yang menjadi ganjalan untuk menulis adalah ada kata Ilmiah-nya itu loh….

Kalau sekedar kreativitas, saya rasa hampir semua guru dengan jam terbang diatas 5 tahun, pastilah sudah memiliki trik atau kiat tersendiri dalam mengajar. Misalnya untuk mengajar di kelas Z digunakan metoda A, mengajar di kelas X menggunakan metoda B, dst…

Tetapi kendala utama adalah bagaimana mengilmiahkan kreativitas tersebut. Bagaimana menuliskan kreativitasnya dalam bentuk karya ilmiah juga merupakan kendala tersendiri.

Terlepas saya atau pembaca akan mengikuti Lomba tersebut atau tidak, berikut ini saya copy-kan kerangka penulisan Karya Ilmiah :

Abstrak : ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris antara 200 – 300 kata.

 

  1. Bagian awal
    1. Halaman judul
      1. Judul singkat, jelas, relevan dengan isi tulisan, dan diketik dengan huruf kapital.
      2. Nama penulis.
      3. Kedudukan guru yang menyatakan keberadaannya pada satuan pendidikan TK/SD/SMP/SMA/ SMK/SLB dan mata pelajaran atau bimbingan dan konseling yang menjadi bidang tugasnya.
      4. Tanggal penulisan.
    2. Halaman pengesahan/persetujuan kepala sekolah
      Lembaran tersebut menyatakan pengesahan atau persetujuan kepala sekolah dengan bukti tanda tangan, nama, NIP/NIGB/NIY (kalau ada) dan stempel sekolah yang bersangkutan.
    3. Kata Pengantar
    4. Daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran bila ada
    5. Abstraksi
  2. Bagian inti pembahasan
    1. Pendahuluan
      Pendahuluan berisi atau mengungkapkan antara lain hal-hal sebagai berikut : 

      1. Latar belakang
        • Menggambarkan bahwa topik atau fokus permasalahan menarik dan relevan dengan upaya peningkatan mutu pembelajaran/ bimbingan dan konseling.
        • Menunjukkan bahwa topik atau fokus permasalahan tersebut bersifat spesifik, asli, dan belum pernah disajikan secara tertulis sebagai karya lomba keberhasilan pembelajaran/ bimbingan dan konseling.
      2. Rumusan masalah atau pertanyaan penelitian, kajian, atau evaluasi yang menggambarkan ruang lingkup atau pembatasan kegiatan pembelajaran/ bimbingan yang dilakukan sesuai dengan topik atau fokus permasalahan.
      3. Tujuan dan manfaat penelitian, kajian, atau evaluasi yang dilakukan. Rumuskan secara rinci tujuan dan manfaat kegiatan penelitian, kajian, atau evaluasi yang dilakukan.
      4. Definisi konsep, definisi operasional, dan/atau kajian teoritis yang relevan.
    2. Metodologi penelitian atau prosedur pembelajaran.
      1. Metode penelitian atau prosedur pembelajaran/ bimbingan. Jelaskan secara rinci prosedur penelitian, penelitian tindakan kelas, kajian, atau evaluasi pembelajaran/bimbingan yang dilakukan.
      2. Subjek penelitian, kajian, atau evaluasi. Jelaskan secara rinci pada kelas berapa kegiatan pembelajaran/bimbingan dilakukan, berapa banyak dan bagaimana karakteristik siswanya.
      3. Teknik pengumpulan data. Jelaskan teknik pengumpulan data, seperti dengan tes, observasi, data sekunder, dan sebagainya.
      4. Validasi instrumen penelitian, kajian, atau evaluasi. Jelaskan bagaimana instrumen itu divalidasi, seperti uji validitas, validasi sejawat, atau menggunakan instrumen yang terstandar.
      5. Teknik analisis data. Jelaskan teknik analisis data, baik kuantitatif maupun kualitatif.
    3. Laporan hasil penelitian atau kegiatan pembelajaran
      1. Hasil penelitian kegiatan pembelajaran
      2. Analisis hasil penelitian kegiatan pembelajaran
    4. Kesimpulan dan saran-saran
      1. Kesimpulan utama yang dapat diambil dari kegiatan pembelajaran/bimbingan
      2. Saran-saran yang ditujukan baik kepada teman sejawat, pengelola pendidikan atau berbagai pihak lain yang relevan.
  3. Bagian Akhir
    1. Daftar pustaka
    2. Lampiran data-data yang diperlukan untuk menunjang kebenaran laporan kegiatan, misalnya: data hasil belajar, instrumen pengukuran yang digunakan program pembelajaran atau proses bimbingan dan konseling dan lain-lain.
    3. Setiap karya tulis ilmiah supaya dilampirkan biodata peserta yang disahkan oleh kepala sekolah
Iklan

1 Komentar

  1. We are a bunch of volunteers and opening a new scheme in our community.
    Your web site offered us with useful info to work on. You have done a formidable process and our entire group
    will probably be thankful to you.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s