Agenda hari ini >> touring

Malam Sabtu, bobox di Bandungan. Tadi malam bandungan berselimut tebalnya kabut dan dingin angin malam. Dipeluk hujan rintik dan hempasan badai. Ya… beberapa hari belakangan ini, Bandungan dan lereng G. Ungaran memang diterpa badai yang datang bersamaan dengan rintik hujan. Sore, malam bahkan pagi buta, kabut tebal seolah rindu banget ma bandungan dan menyelimuti tiada henti.

Pukul 5 pagi, biasanya aku bangun dan segera menyiapkan diri untuk berangkat kerja di SMK Neger 2 Temanggung. Tapi kali ini, aku cuma melihat jam digital di HP kemudian melihat keluar… kabut begitu pekat. Tidur lagi.

Pukul 6.30 dengan sangat terpaksa aku bangun, segera mengguyur badan dengan air walaupun duingin buanget….

Pukul 07.00 meluncur ke UKSW Salatiga untuk mengantarkan surat permohonan tempat Prakerin. Sampai di UKSW sekitar pukul 08.00. Setelah parkir dan say helo dengan beberapa satpam, aku menuju ruang Tata Usaha FTI. Ya emang hari ini TUnya tutup jadi aku masukkan saja melalui loket.

Pukul 09.15 keluar dari kompleks UKSW dan langsung meluncur ke rumah Bp. Andreas Supoyo. Dah lama banget nggak ngobrol ma pak pendeta yang nyentrik ini. Di daerahnya, pak pendeta ini lebih dikenal sebagai pembuat eggroll yang sangat spesial dan tiada duanya. Jadi kalau di daerah Tegalrejo, biasanya pertanyaannya adalah  “pak pendeta yang jual eggroll….”

Pak Andreas memang tidak pernah diakui oleh sinode manapun, karena pengajarannya yang dianggap terlalu radikal. Pelayanan di Gereja Pantekosta Imanuel Bandunganpun juga dihentikan oleh beberapa jemaat yang konservatif dengan mengatasnamakan seluruh jemaat untuk memberhantikan pelayanan pak Andreas ini.  Walaupun pada saat ultimatum aku tidak ada di gereja karena ada tugas di Semarang. Andai saja waktu itu aku ada di Gereja, pasti aku adalah orang pertama dan satusatunya yang akan berdiri menentang keputusan itu.

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari harus berjuang ekstra dengan cara membuat eggroll dan makanan kecil lainnya. SAtu hal yang aku kagumi, adalah kegigihannya dalam memegang princip walaupun jabatan menjadi taruhannya. SAat ini dengan beberapa gelintir jemaat, beribadah di rumahnya yang juga terbilang sederhana.

Setelah ngobrol sana-sini, aku pamit karena harus ke skul. Walaupun hari ini sebenarnya aku free, nggak ada jadwal ngajar, tetapi karena om Yus sendirian, ya aku mau nemani aja.

Baru beberapa meter keluar dari rumah pak andreas, indikator BBM udah berkedhip menandakan Pertamax di tanki bahan bakar dah menipis.

AKu berhenti sejenak di pertigaan Tegalrejo. MEnghitung-hitung jarak yang dan rute yang akan aku lalui untuk sampe ke Temanggung. Setelah hitung-hitung, aku putuskan untuk melalui rute Salatiga – Kopeng – nDalangan – Grabag – Pringsurat dan ke Temanggung.

Aku akan mengisi BBM di Pom Bensin yang mungkin ada sebelum sampai ke Kopeng. Setelah mendaki lereng G. Merbabu, sampai ke Getasan belum juga ada pom bensin. AKu mulai ketar-ketir nan kawatir kalau saja kehabisan bahan bakar. SAmpai di Kopeng tetap tidak menemukan pom bensin. Waduh… semakin deg-degan nih… tapi aku tetep nekat melanjutkan perjalanan. Pokoke anti banget kalo ngisi di pinggir jalan… mana ada yang jual pertamax eceran ????

SAmpai di lokasi wisata Kopeng, semakin dingin…  hidung dah mulai perih karena menghirup berbagai macam bau… termasuk pupuk kandang yang berserakan di pinggir jalan.

Dalam perjalanan ke Grabag, melewati celah gunung Andong dan gunung Telomoyo. Udara masih juga dingin menusuk tulang belulangku. Tapi ya tetep aja aku ngglundhung dengan bahan bakar yang nipis….melalui jalan sempit yang menurun dengan curam serta tikungan maut yang meliuk-lius sampai membentuk huruf  S ganda dan huruf U…. melewati juga sebelah aliran sungai yang akan terjun di Sekar Langit…..

Setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam lebih sedikit, akhirnya sampe juga di SMK 2 Temanggung…. wweeew capek nih….

Iklan

1 Komentar

  1. jan… koberan
    wakakakakakakakakak……..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s